Sabtu, 16 April 2016

POTENSI DIRI 2


 
Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal.
Menurut "Howard Gardner", potensi yang terpenting adalah intelegensi, yaitu sebagai berikut:
  1. Intelegensi linguistik, intelegensi yang menggunakan dan mengolah kata-kata, baik lisan maupun tulisan, secara efektif. Intelegensi ini antara lain dimiliki oleh para sastrawan, editor, dan jurnalis.
  2. Intelegensi matematis-logis, kemampuan yang lebih berkaitan dengan penggunaan bilangan pada kepekaan pola logika dan perhitungan.
  3. Intelegensi ruang, kemampuan yang berkenaan dengan kepekaan mengenal bentuk dan benda secara tepat serta kemampuan menangkap dunia visual secara cepat. Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh para arsitek, dekorator dan pemburu.
  4. Intelegensi kinestetik-badani, kemampuan menggunakan gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan. Kemampuan ini dimiliki oleh aktor, penari, pemahat, atlet dan ahli bedah.
  5. Intelegensi musikal, kemampuan untuk mengembangkan, mengekspresikan dan menikmati bentuk-bentuk musik dan suara. Kemampuan ini terdapat pada pencipta lagu dan penyanyi.
  6. Intelegensi interpersonal, kemampuan seseorang untuk mengerti dan menjadi peka terhadap perasaan, motivasi, dan watak temperamen orang lain seperti yang dimiliki oleh seseorang motivator dan fasilitator.
  7. Intelegensi intrapersonal, kemampuan seseorang dalam mengenali dirinya sendiri. Kemampuan ini berkaitan dengan kemampuan berefleksi (merenung) dan keseimbangan diri.
  8. Intelegensi naturalis, kemampuan

            Selain Sepak Bola, potensi yang saya miliki adalah bermain dengan alat-alat musik. Pada waktu SMP saya sudah menyukai yang namanya bermain alat musik contohnya : GITAR DAN DRUM. Tapi saya lebih menyukai DRUM ketimbang Gitar karena suara DRUM yang sangat besar itu yang membuat saya suka. Dulu waktu SMP saya sudah manggung bersama teman  di sebuah acara. Band Musik yang saya ikuti adalah band yang membawa musik HARDCORE. Pada waktu itu saya bermain alat DRUM.  Di SMK juga saya bermain alat musik di Organisasi MARCHING BAND, di Organisasi ini saya bermain alat musik senar. Saya sudah pernah mengikuti EVENT Pasopaty di SMK NASIONAL dan EVENT MTQ. Orang bilang kalo mau nyari Potensi Diri sendiri carilah ketertarikanmu itu dan Kembangkan lah, jika membawa hasil berarti itu adalah POTENSI DIRImu yang sebenarnya. Mungkin belum tentu Potensi diri saya ada pada Sepak bola dan bermain alat musik. tapi sekarang saya sedang mengembangkan ketertarikan yang saya pilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar