Sabtu, 26 Maret 2016

Potensi Diri

 


Sebelum masuk ke pembahasan tentang Potensi Diri, izin kan saya memperkenalkan potensi didalam diri saya. Perkenalkan Nama saya handi subarkah, lahir pada tanggal 3-12-1996. Potensi didalam diri saya adalah sepak bola, dan futsal. saya dari kecil sudah bermain sepak bola dan sudah pernah mengikuti turnament sepak bola dan futsal sampai sekarang. posisi saya di sepak bola adalah pemain gelandang tengah. pada waktu kelas 5 SD saya dan teman saya mengikuti turnament sepak bola dengan membawa nama Sekolah Dasar kami, tapi kami tidak bisa membawa nama sekolah dasar kami kepuncak kemenangan, karena kami kalah di semi final. disitu saya sangat kecewa karena saya tidak bisa membawa nama sekolah dasar saya, tapi saya ga menyerah untuk tidak lagi bermain bola. sampai sekarang saya masih latihan bola :D. hari demi hari berlalu sampai saya masuk ke Sekolah menengah pertama. Di smp saya mengikuti ekstrakurikuler futsal, di smp saya latihan terus sampai di kelas 2 saya mengikuti classmeeting(Program OSIS), saya menyertakan diri saya bersama teman sekelas kami, kebetulan kami sekelas mengikuti ekstrakurikuler yang sama. alhamdulilah kami memenangkan juara 1 classmeeting pertama kalinya dan kemenangan pertama kalinya saya juga.. naik ke kelas 3, saya misah dengan teman-teman kelas saya, di kelas 3 saya mengikuti turnament yang mempertemukan sekolah lain. alhamdulilah hasil yang baik dengan mendapatkan juara 2. hari demi hari berlalu saya masuk ke smk jurusan TKJ, dismk saya tidak mengikuti ekstrakurikuler futsal, saya mengikuti organisasi MARCHING BAND, karena saya telat daftar di futsal. tapi saya tidak berhenti bermain futsal dan sepak bola walaupun organisasi yang saya ikuti adalah Marching Band. disini saya tidak mengikuti turnament sepak bola, karena saya kalah skill dengan teman teman yang mengikuti seleksi. jadi saya mengikuti classmeeting saja di smk sampai kelas 3 dan saya juga ga pernah menang bersama kelas saya. tapi saya tidak kecewa dan saya berpikir harus banyak latihan lagi.. setelah lulus dari smk saya masuk ke universitas gunadarma. disini semester pertama saya mengikuti turnament futsal di luar kampus tapi kami kalah di awal, karena kami kekurangan banyak teman di tim. sekarang saya sedang mengikuti turnament sepak bola diluar kampus bersama club masa kecil, do'ain saya dan club saya ya, semoga mendapatkan hasil yang baik. amin.. maaf kalo gejalas ya ceritanya karena saya persingkat, karena ceritanya panjang kwkkw :V
OKE LANGSUNG AJA MASUK KE PEMBAHASAN MENGENAI POTENSI DIRI:
Pengertian Potensi Diri

Kata potensi berasal dari serapan dari bahasa Inggris, yaitu potencial. Artinya ada dua kata, yaitu, (1) kesanggupan; tenaga (2) dan kekuatan; kemungkinan. Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia, definisi potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan, kekuatan, kesanggupan, daya.Intinya, secara sederhana, potensi adalah sesuatu yang bisa kita kembangkan.

Potensi dapat diartikan sebagai kemampuan dasar dari sesuatu yang masih terpendam didalamnya yang menunggu untuk diwujudkan menjadi sesuatu kekuatan nyata dalam diri sesuatu tersebut (Wiyono, 2006:37). Dengan demikian potensi diri manusia adalah kemampuan dasar yang dimiliki manusia yang masih terpendam didalam dirinya yang menunggu untuk diwujudkan menjadi suatu manfaat nyata dalam kehidupan diri manusia.

Menurut Endra K Pihadhi (2004:6) potensi bisa disebut sebagai kekuatan, energi, atau kemampuan yang terpendam yang dimiliki dan belum dimanfaatkan secara optimal.Potensi diri yang dimaksud disini suatu kekuatan yang masih terpendam yang berupa fisik, karakter, minat, bakat, kecerdasan dan nilai-nilai yang terkandung dalam diri tetapi belum dimanfaatkan dan diolah.

Sedangkan Sri Habsari (2005:2) menjelaskan, potensi diri adalah kemampuan dan kekuatan yang dimiliki oleh seseorang baik fisik maupun mental dan mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan bila dilatih dan ditunjang dengan sarana yang baik. Sedangkan diri adalah seperangkat proses atau ciri-ciri proses fisik, perilaku dan psikologis yang dimiliki.

Jadi, potensi diri adalah kemampuan dasar yang dimiliki oleh seseorang yang masih terpendam dan mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan jika didukung dengan latihan dan sarana yang memadai..

Setelah kita mengetahui definisi dari Potensi diri diatas, Kita akan membahas Macam-macam Potensi diri pada Manusia. Manusia memiliki potensi diri yang dapat dibedakan menjadi 5 macam, yaitu:

1. POTENSI FISIK (Phychomotoric)
Potensi diri ini dapat diberdayakan sesuai fungsinya untuk saling membagi kepentingan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contohnya hidung untuk mencium bau, tangan untuk menulis, kaki untuk berjalan, telinga untuk mendengar, dan mata untuk melihat.

2. POTENSI MENTAL INTELEKTUAL (Intellectual Quotient)
    Potensi diri ini adalah potensi kecerdasan yang terdapat di otak manusia (terutama otak bagian kiri). Fungsi dari potensi ini yaitu untuk merencanakan sesuatu, menghitung dan menganalisis.

3. POTENSI SOSIAL EMOSIONAL (Emotional Quotient)
    Potensi diri ini sama dengan potensi mental intelektual, tetapi potensi ini terdapat di otak manusia bagian kanan. Fungsinya yaitu untuk bertanggung jawab, mengendalikan amarah, motivasi, dan kesadaran diri.

4. POTENSI MENTAL SPIRITUAL (Spiritual Quotient)
    Potensi ini merupakan potensi kecerdasan yang berasal dari dalam diri manusia yang berhubungan dengan kesadaran jiwa, bukan hanya untuk mengetahui norma, tapi untuk menemukan norma.

5. POTENSI DAYA JUANG (Adversity Quetient)
    Sama seperti potensi mental spiritual, potensi daya juang juga berasal dari dalam diri manusia dan berhubungan dengan keuletan, ketangguhan, dan daya juang yang tinggi.

Sumber :
http://www.kajianpustaka.com/2013/10/potensi-diri.html
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar